Saturday, January 19, 2013

My Yamaha Soul GT Street Series (kesan 75 km pertama)

Baiklah tidak perlu panjang lebar....ini lah daftar kesan saya setelah menerima Soul GT baru saya dari dealer dan berjalan-jalan sejauh total 25 km.  Bahan bakar saya isi Pertamax milik Pertamina.


Kesan positif:

1. Ketakutan saya akhirnya tidak terjadi. Awalnya saya cukup khawatir dengan beberapa review dan keluhan di blog...ternyata masalah tersebut tidak terjadi pada Soul GT saya... Alhamdulillah...mudah-mudahan untuk seterusnya.

2. Tarikan memang smooth tidak terlalu menghentak...tetapi akselerasi hingga 60 kpj memang baik. Sayang karena masa indreyen...belum berani terlalu menggeber maksimal...ditambah lagi lintasan tidak memungkinkan.

3.  Lincah dan handling mantap. Dibawa ke jalan ramai...Soul GT lincah dikendarai..ringan di tangan, dibawa menikung saat lari sangat enak dan stabil, akeselerasi untuk nyalip-nyalip kecil di tengah kemacetan...cukup baik...tidak menghentak tetapi meluncur mantap.

4. Lari di jalan agak menanjak, terasa bertenaga...ada motor Mio Soul/Sporty anak gaul yg lagi geber2an hampir saya overtake di tanjakan kalau saja dia dia tidak menutup racing line nya...maklum di belokan...ada marka jalan dilarang menyalip....hehehe.

5.  Suara mesin halus, getaran mesin juga halus. Saat berdiri dengan standar tengah memang terasa sedikit bergoyang2 getar...tetapi saat sudah diduduki dan dijalankan...smootthhh....

6. Lampunya terang (ini jelas subjektif karena saya membandingkan dengan Vega R 2005 saya yang cahaya lampu nya ogah-ogahan)...hehe.

7. Motor ini ringan untuk digiring2 dan mudah saja saat harus memasang standar tengah.


Nah, untuk kesan negatifnya menurut saya adalah:

1. Memang...suspensi/shock Soul GT ini terbilang keras. Entah karena karakter shock nya memang demikian, atau karena ban nya yang terlalu kecil. Beberapa reviewer bilang bahwa ini adalah hal yang harus dikorbankan agar handling motor ini tetap stabil di kecepatn tinggi...  Lewat jalan non hot-mix...haduh tangan bergetar...jadi harus jalan perlahan.  Tapi tak apalah, lagi pula lebih baik jalan perlahan di jalan seperti ini...biar body awet ga gampang longgar...hehe. Mungkin nanti saat ban standar sudah gundul saya akan ganti dan naikkan 1 nomor menjadi 80/90 (depan) dan (90/90) belakang. Atau mungkin ganti diameter velgnya?? :D *entahlah

Update: mungkin karena dulu masih baru....shock depan blum terlalu lentur...sekarang sudah terasa lebih baik

2.  Bunyi klakson nya ga segagah tampangnya...hahaha..cempreng seperti punya masalah kepercayaan diri...wkwkwk.

3.  Switch lampu dim...tidak ergonomis... Ini hanya masalah feeling saja sih...terasa tidak enak saja dibanding model pabrikan lain. Tetapi mungkin desain ini lebih tahan hujan, karena air tidak mudah masuk ke celah (IMHO).

4. Rem settingan pabrik agak terlalu lembut (terutama rem depan), jadi perlu menarik rem lebih dalam jika ingin lebih pakem - Nanti minta di setting saat servis pertama.

5. Besi handel belakang tidak nyaman di tangan...terasa agak sakit saat saya akan menggeser motor ke samping (entahlah...mungkin kerena biasa dengan vega-R 2005 yang handle biasa saja..tidak berlekuk di bagian bawahnya - seandainya saja berlapis karet).

5.  Subjektifnya, riding position kurang cocok untuk saya yg 172 cm...agak harus menekuk punggung...jadinya buat saya bikin punggung cepat pegal. Mungkin hanya harus membiasakan saja setelah pindah dari motor lama yang model bebek.

6. (Update)  Ternyata coba lepas tangan ko ga bisa ya...lari ke kiri terus... Apa karakter matic
memang begini...berat ke kiri karena posisi CVT yang ada di sebelah kiri? (mohon tanggapannya)

7. Update: Top speed nya dibawah rata2...dari 80 - 90 kpj naiknya susah payah

Overall...secara umum...untuk sekedar keperluan rumah-kantor saya tidak salah memilih Soul GT untuk menemani keseharian saya antara rumah dan kantor.

Semoga berguna... Lebih kurangnya mohon maaf.  Tunggu saja review lanjutannya setelah STNK dan nopol nya keluar sehingga jarak jelajah tidak lagi terbatas...




5 comments:

Anonymous said...

Petamaxx

Yudha Depp said...

Naik matic paling nyaman, tinggal ngegas doang.
buat jalanan yang padat motor matic paling top
untuk menembus kemacetan.
Makanya kalau udah balik ke Kota Sintang.
Ninja 2tak sering saya abaikan.
saya lebih sering naik suzuki Spin ataupun supra fit

Dulwadul Inc. said...

Betul mas bro...klo lagi pengen santau jjs enak pake matic... :)

Anonymous said...

sama mas reviewnya,
motor sy juga Soul GT, baru turun dr dealer, warnanya juga sama persis. hehe
tak coba muter2.
memang suspensi depan keras, tangan ampe bergetar lewat jalanan ga mulus.
uda tak coba ganti ban depan 80/80, belakang 90/80 tubeless.
ga gt pengaruh, mungkin karena masih baru jadi masih kaku.

Dulwadul Inc. said...

Gimana sekarang Soul GT nya? :)
Lampu saya baru kemarin mati dua2nya.. :D